#
Headlines News :
Home » » E-Voting Penuhi Harapan Pemkab Agam

E-Voting Penuhi Harapan Pemkab Agam

Written By Admin on Saturday, July 29, 2017 | 7/29/2017 11:06:00 PM

Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) badunsanak di Kabupaten Agam yang dilaksanakan pada 28 nagari mulai 16 hingga 29 Juli 2017 berjalan lancar, aman dan sukses. Dan hasil atau pememang pada masing-masing nagari pun sudah diketahui masyarakat.

Keberhasilan pelaksanaan Pilwana badunsanak itu sudah memenuhi harapan Pemerintah Kabupatn Agam sesuai komitmen semula. Berdasarkan hasil pantauan ke lapangan oleh bupati maupun wakil bupati tidak ditemukan kendala terkait penggunaan perangkat sistm E-voting. Malahan dari jawaban masyarakat mengatakan, lebih mudah dan cepat sistem E-voting itu dibanding dengan cara manual yang digunakan pada Pemilu maupun Pilkada lalu.

Target dengan sistem E-voting untuk memperkecil seminimal mungkin kecurangan dan permasalah bisa diwujudkan. Bahkan selama berlangsungnya Pilwana putaran pertama ini tidak ditemukan kecurangan dan permasalahan. Dengan demikian dapat kitakatakan bahwa, sistem E-voting yang dipakai pada Pilwana putaran pertama sukses.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah kepada wartawan disela-sela kegiatan pemantauan Pilwana badunsanak gellombang terakhir, Sabtu (29/7) di Kecamatan Ampek angkek dan Kamang Magek.

 “Terkait dengan prosentase kehadiran pemilih bukan berarti animo masyarakat yang tidak tinggi, tapi dari DaftarPemilih Tetap (DPT) masih terdapat pemilih yang tidak berdomisili di kampung, seperti anak kemenakan kita yang sedang kuliah di luar daerah atau mereka yang baru dapat pekerjaan, sementara namanya masih terdaftardi kampung melalui Kartu Keluarga (KK). Dan juga ada masyarakat yang sudah meninggal dan pindah domisili tapi namanya masih tercantum pada DPT,”ungkap Wabup.

Pada sisi lain, Asisten I Setdakab Agam Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Yosefriawan mengajak kepada calon yang berhasil menang agar mengimplementasikan janji-janji yang disampaikan saat kampanye maupun waktu menyampaikan visi dan misi dihadapat warga. Kuatkan komitmen untuk membangun nagari lebih baik untuk masa datang.

Dan kepada calon yang belum beruntung meraih suara terbanyak kiranya bisa menerima hasil Pilwana dengan lapang dada. Teuslah memupuk dan menjalin kerjasama untuk membangun nagari. Jangan ada permasalahan timbul usai digelarnya Pilwana badunsanak,”pesan Yosefriawan.

Salah seorang siswa sebagai pemilih fomula yang sempat diwawancarai mengatakan bahwa, pemilihan dngan sistem E-voting jauh lebih mudah dan cepat. Tidak ditemukan kendala yang berarti, seperti suara rusak akibat salah coblos dan lainnya. Karena dengan E-voting kitasebagai pemilih sudah dipandu oleh perangkat, tinggal kita mengikuti petunjuknya,”ungkanya.


Bertepatan dengan pelaksanaan Pilwana badunsanak gelombang terakhir tersebut Kabupaten Agam kembali kedatangan tamu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang melakukanstudi banding terkait kesuksesan Agam menggelar Pilwana menggunakansistem E-voting. “Kesuksesan Kabupaten Agam menggelar Pilwana dengansistem E-voting akan kami terapkan jugadi Kabupaten Kampar. Karena tidak lama lagi di Kampar juga akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades),”kata Sekretaris PMD Kabupaten Kampar, Drs. Ranayus. (Maswir Chaniago).

Untuk Result Hasil Pemilihan dapat dilihat di link berikut :
http://epilkades.bppt.go.id/index.php?r=front/page&p=penayangan&idkabupaten=53#ad-image-0
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center