#
Headlines News :
Home » » Matur Gelar Lomba Tari Piring Tingkat SD

Matur Gelar Lomba Tari Piring Tingkat SD

Written By Fitra Hinandes on Thursday, March 5, 2015 | 3/05/2015 09:35:00 PM


Pemerintah Kecamatan Matur, menggelar lomba tari piring kreasi tingkat SD di daerah itu, di SDN 01 Matur, Kamis (5/3). Kegiatan tersebut, bertujuan untuk membangkit kembali seni dan budaya Minangkabau.

Pada kesempatan itu, turut dihadiri Bunda Paud Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri, Kasi Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Yeni Sofnidel.

Ketua Pelaksana M. Nasri mengatakan, lomba tari piring kreasi ini merupakan agenda tahunan dengan peserta sebanyak 16 sekolah tingkat SD se-Kecamatan Matur. "Selain itu, perlombaan ini sekaligus untuk menyiapkan peserta terbaik untuk lomba tingkat kabupaten nantinya," katanya.

Terkait dengan kategori penilaian, Dewan Juri Erisnal menyatakan, masing-masing peserta akan dinilai sebanyak empat kategori. Diantaranya, wirasa atau gerak tubuh, wiraga atau tingkatan gerak, wirama atau kualitas gerak atau kreatifitas gerakan, dan wirupa atau ekspresi dari gerakan yang dibawakan.

Sementara itu, Bunda Paud Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri, turut mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan dalam rangka pelestarian seni budaya kreasi yang terdapat di tiap nagari hingga sekolah. "Ditengah gencarnya arus westernisasi, kita harus terus memupuk rasa cinta kepada kebudayaan, terutama untuk generasi muda yang akan mewarisi kebudayaan tersebut, " katanya.

Ny. Vita menambahkan, tidak hanya Matur, umumnya Kabupaten Agam sangat kaya akan kreatifitas seni budaya, terutama tari piringnya. "Kita bisa lihat secara langsung dari 16 peserta yang tampil, tidak ada satupun gerakan atau irama tari yang sama. Ini salah satu bukti, bahwa Agam kaya akan seni tradisional khususnya tari piring," terang Ny. Vita. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center