#
Headlines News :
Home » » Zonasi Konservasi Ikan di Danau Maninjau Dipersiapkan

Zonasi Konservasi Ikan di Danau Maninjau Dipersiapkan

Written By JONATA RAMADAN on Wednesday, August 2, 2017 | 8/02/2017 02:10:00 PM

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI, Yoyok Sudarso mengatakan, pada 2018 akan membuat zona konservasi ikan asli Danau Maninjau, dalam upaya melestarikan organisme vulkanik tersebut agar tidak punah.

"Lokasi zona konservasi, berupa lahan basah, akan dikembangkan di Nagari Sungai Batang, bertujuan sebagai tempat bertelur dan berlindung ikan asli danau, seperti rinuak, gupareh, asang, bada, dan lainnya, saat terjadinya tubo belerang, dan pembalikan air dari dasar ke permukaan." kata Yoyok Sudarso di Lubuk Basung. Rabu (02/07).

Pertimbangannya, di lokasi tersebut oksigen cukup banyak, yang dihasilkan oleh tanaman air yang ditanam di lokasi itu, dan nelayan dilarang untuk menangkap ikan di lokasi tersebut.

"Dengan cara ini dapat meminimalkan kematian ikan, karena saat terjadinya tubo belerang dan pembalikan air dari dasar ke permukaan, ikan akan berkumpul di lokasi tersebut," katanya.

Kenapa zona koservasi ini dilakukan, kata Yoyok, saat ini hanya 14 dari 34 spesies ikan asli danau yang masih bertahan hidup. Sedangkan 20 jenis lagi sudah mengalami kepunahan. 

Ke 14 spesies ikan yang masih bertahan itu jenis rinuak, bada, gupareh, asang, gabus, nila, dan lainnya. Sementara 20 spesies lainnya seperti, jenis betok, sidat, cide-cide, dan lainnya sudah punah, atau tidak ditemukan lagi di perairan Danau Maninjau.

Di samping itu, pihaknya telah membuat lokasi percontohan di Muko-muko, Nagari Koto Malintang. Lokasi percontohan itu berjalan dengan baik, sehingga ikan asli danau berkembang biak di sana. (jon/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center