#
Headlines News :
Home » » Generasi Muda Adalah Pion Terdepan Penerapan Program Pemerintah

Generasi Muda Adalah Pion Terdepan Penerapan Program Pemerintah

Written By AGAM MEDIA CENTER on Saturday, October 1, 2011 | 10/01/2011 05:24:00 PM

 AMC / Sabtu, 1 Oktober 2011
Guna penguatan kompetensi siswa dalam pengelolaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Kepala SMK Negeri Tanjung Raya Drs. Zulhatman, mengadakan pembekalan kapasitas bagi pengurus OSIS di sekolah pada hari Jum’at (30/09/2011) di SMK Negeri Tanjung Raya yang berbasis tekhnologi itu.
Pembekalan itu sendiri diikuti oleh 60 orang Pengurus OSIS yang baru saja dikukuhkan, lebih lanjut  kepala sekolah yang akrab disapa siswanya dengan sebutan Pak Zul tersebut,  mengharapkan pengurus OSIS ini mengetahui teori dasar - dasar  kepemimpinan dan bisa menerapkannya dalam organisasi sekolah.
Kegiatan pembekalan kepemimpinan ini dibuka oleh Camat Tanjung Raya, yang juga sekaligus sebagai nara  sumber, disamping beberapa orang nara sumber lainnya yang berasal dari kalangan sekolah yang beralamat di Nagari Koto Kaciak tersebut. Dalam sambutannya Camat Tanjung Raya menjelaskan, “bahwa minimal siswa harus memahami dasar-dasar manajemen seperti yang sering disebut POAC (Planing, Organizing, Actuating dan Controling). Dalam membuat sebuah program atau rencana minimal siswa harus punya data dasar tentang program yang akan dibuat”, lebih lanjut Syatria menjelaskan “hal ini  sebagai pendukung kematangan sebuah rencana, seperti jumlah siswa, minat dan bakat siswa, program pendidikan yang selaras dengan tujuan organisasi, serta kebijakan daerah dan lokal, selanjutnya untuk pelaksanaan juga harus ada pembagian tugas yang jelas dalam sebuah organisasi, serta terakhir yang penting dilakukan adalah evaluasi dan pengawasan terhadap sebuah program, baik program yang sedang berjalan maupun diakhir program, sehingga didapat kelemahan dan keunggulan sebuah program yang akan menjadi bahan pertimbangan guna menyusun rencana selanjutnya. Lebih lanjut guna mendukung sebuah kegiatan jelasnya, manfaatkan dan kelolalah dengan baik 4 M (Man, Money, Material dan Method)”.

Pada kesempatan yang sama Camat juga mengingatkan pentingnya siswa memahami etika berkomunikasi, menghargai pendapat orang lain, dan yang tidak kalah penting adalah penanaman nilai akhlak bagi seluruh pengurus, percayalah amanah yang diberikan harus dijunjung dengan akhlak yang baik, karena pengurus OSIS adalah siswa terpilih yang dianggap mampu mengemban tanggungjawab menjalankan roda organisasi siswa sekolah.

Mengakhiri materinya Camat ini meminta agar program yang dibuat juga diselaraskan dengan program pemerintah daerah seperti Magrib Mengaji, Wirid Remaja, dan Agam menyemai, “jadilah anak-anak sebagai pion terdepan dilingkungannya masing-masing dalam penerapan program pemerintah daerah ini kita ini” pungkasnya mengakhiri.(amc)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center