#
Headlines News :
Home » » TINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DENGAN PROYEK PADAT KARYA

TINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DENGAN PROYEK PADAT KARYA

Written By AGAM MEDIA CENTER on Tuesday, September 27, 2011 | 9/27/2011 11:18:00 AM

Pembudidayaan ikan Lele dilakukan

AMC / Senin 26 September 2011-
Budidaya Ikan Lele
Untuk meningkatkan pendapatan Masyarakat Pemerintah kabupaten Agam, melaksanakan Proyek padat karya dengan melakukan pembudiayaan Ikan lele di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Magek.



proyek padat karya ini  dilaksanakan,  Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Sosnakertrans) Agam. Kepala Bidang Sosnakertrans Asni Senin (26/9)di Lubuk Basung mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok,khusus di wilayah kamang mudiak sudah tersedia empat unit kolam untuk pembudidayaan ikan lele, satu unit kolam akan dikelola dua puluh dua orang pekerja.

"Dengan empat unit kolam tersebut akan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak delapan puluh delapan orang, dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat " tuturnya.

Dia menambahkan, tahun ini Kabupaten Agam mendapatkan kegiatan padat karya dengan dana APBN yang disalurkan melalui Dinas Sosnakertrans, sebesar tujuh ratus juta Rupiah. kegiatan tersebut dilaksanakan dengan dua kegiatan diantaranya, padat karya produktif dan padat karya insprastuktur.

Dari hasil seleksi Tim Padat karya produkti didapat dua tempat untuk pembudidayaan ikan lele yakni jorong Pauah Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek dan Nagari Tapian Kandih Kecamatan Palembayan.

"untuk Jorong Pauah akan dilakukan panen perdana dalam waktu dekat ini, dan hasil panenya akan digunakan untuk modal pengembangan lele tahap dua dan juga untuk modal perorangan",tambahnya.

Asni, berharap setiap anggota yang sudah dilatih dalam membudidayakan ikan lele mampu membuat kolam sendiri dipekarangan rumah yang nantinya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.(wan/ay)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center