#
Headlines News :
Home » » Tahun 2007, 4 Lokasi Kecamatan Sebagai Lokasi PNPM-PKK

Tahun 2007, 4 Lokasi Kecamatan Sebagai Lokasi PNPM-PKK

Written By JONATA RAMADAN on Friday, September 30, 2011 | 9/30/2011 11:02:00 AM

 BERDAMPAK  MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Gubernur Sumbar Resmikan Jalan PNPM di Matur, Kab. Agam
AMC / Jum'at 30 September 2011
Empat Kecamatan di Kabupaten Agam ditetapkan sebagai lokasi kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dan Program Pengembangan Kecamatan (PNPM-PKK). Keempat kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Lubuk Basung, Baso, IV Koto dan Kecamatan Tilatang Kamang.

"PNPM Mandiri Pedesaan telah terlaksana pada lima belas Kecamatan sejak tahun 2007, Kecuali Kecamatan Banuhampu yang merupakan lokasi PNPM Perkotaan" ungkap Plh. Bupati Agam, Syafirman SH. pada Reporter Agam Media Center (AMC),(30/09)

Dijelaskan Syafirman, hasil Musyawarah Antar Nagari (MAN)  telah ditetapkan penggunaan dana BLM PNPM Mandiri Pedesaan antara lain, Kegiatan Fisik Pembangunan Sarana Prasarana Jalan, Jembatan Gantung, Saluran Irigasi, Saluran Dranaise, Waduk Tadah Hujan, Kawat Bronjong, Dam Penahan Tanah, Pasar Nagari, dan  Gedung Serba Guna Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Dalam meningkatkan pembangunan Sarana dan Prasarana Pendidikan gedung sekolah seperti  PAUD, TK, MDA, SD, MTSN dan Gedung serbaguna serta Pembangunan Polindes, Poskesri, sarana air bersih, MCK dan Sarana Posyandu Kesehatan. telah dapat dibangun secara bertahap.

Sedangkan, Kegiatan Non Fisik dalam peningkatan kapasitas masyarakat dan pelatihan menjahit, rancang busana, pengolahan enceng gondok, Bordir, Budidaya Jamur, Pembuatan Pupuk, Perbengkelan, Komputer dan Keterampilan Pengelasan juga telah dilaksanakan di Kabupaten Agam.

Diambahkanya, saat ini telah terbentuk 805 kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di 634 jorong yang tersebar di lima beals kecamatan. kelompok tersebut dialokasi dengan serapan dana BLM sebesar tiga puluh tujuh milyar, dan telah dapat dimanfaatkan lima belas ribu  orang masyarakat.
Dengan dana BLM tersebut telah memberikan perubahan  yang siknifikan terhadap kebutuhan masyarakat sehingga, pembangunan berbagai sarana prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat diujudkan. disamping itu juga meningkatnya hasil pendapatan masyarakat karena telah tersedianya jalan  untuk mengankut hasil dari pertanian mereka.(jon/ay)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center