#
Headlines News :
Home » » Satu Tahun Sejuta Bibit Telah Disemai Bupati Indra Catri

Satu Tahun Sejuta Bibit Telah Disemai Bupati Indra Catri

Written By JONATA RAMADAN on Wednesday, September 21, 2011 | 9/21/2011 04:51:00 PM

AMC / Rabu 21 September 2011  

Berbagai Jenis Bibit Siap untuk ditanam

Sebanyak 1.097,365 batang bibit jenis kayu-kayuan telah disemaikan di beberbagai wilayah di Kabupaten Agam, kegiatan ini merupakan bukti nyata keseriusan Pemkab Agam dalam melaksanakan kegiatan Agam Menyemai.


" Bibit ini telah kami distribusikan kepada Kelompok Tani yang tersebar di 16 Kecamatan baik yang berada di Nagari maupun Jorong." kata Kepala Dinas Kuhutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam melalui  Kabid Kehutanan Ir. Afniwirman  saat ditemui diruang kerjanya, Rabu(21/09).

Afniwirman mengatakan, tahun  2012 nanti Dinas Kehutanan Kab. Agam  akan terus mengusahakan pengadakan bibit sesuai dengan anggaran yang ada. "kalau nanti ada anggaran DAK dari Pusat kegiatan ini akan tetap kita lanjutkan"  ujarnya.

lebih jauh Dia menjelaskan, selain memberikan bibit pada kelompok tani Dinas Kehutanan Agam juga telah melakukan upaya  mengatasi kerusakan hutan dengan cara melakukan penanaman bibit pohon di setiap nagari yang ada di Kecamatan, diantaranya, Kecamatan IV Nagari sebanyak 37500 bibit dengan luas lahan  50 Ha, Empat Koto 75 ribu Bibit dengan luas Lahan 100 ha, Kamang Magek 37500 batang bibit untuk lahan seluas 50 Ha, Kecamatan Tilatang Kamang dan Palembayan sebanyak 45 ribu bibit dengan luas lahan masing-masing 30 Ha, kegiatan tersebut dilakukan bersama masyarakat setempat beserta pihak ketiga.

sebelumnya Dinas Kehutanan Agam  juga telah melakukan penanaman bibit khusus Hutan Rakyat sebanyak 2.300 batang bibit dengan luas lahan 184 Hektar. yang dilaksanakan di tiga kecamatan, diataranya adalah, Kecamatan Palembayan,Tanjung Raya, Baso, dan, Kecamatan Palupuh. Untuk kegiatan kebun bibit rakyat juga telah diserahkan 50 ribu batang bibit  ke masing-masing kelompok tani di seluruh Kecamatan 

selain itu , kegiatan Pemeliharaan Reboisasi  dan penghijauan Lingkungan yang dilaksanakan melalui pihak ketiga  PT. Daya Meri Persada di tiga kecamatan sebanyak 98.370 batang bibit. diantaranya adalah, KecamatanTanjung Raya, Matur, dan Kecamatan Empat Koto dengan luas lahan keseluruhan 1405 Hektar.

Sementara untuk Penghijauan Lingkungan di 16 kecamatan  juga telah dilakukana penanaman sebanyak 42,170 ribu bibit perkecamatan.

"Pengadaan bibit pohon ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2011 dari pemerintah pusat dan bibit ini sudah ditanam oleh masyarakat terdiri dari jenis mahoni, madang, surian, mangga, durian dan bibit pohon lainnya," tambahnya lagi

 Afniwirman mengimbau kepada masyarakat yang mempunyai hutan rakyat agar menanaminya kembali  sebagai upaya pencegahan dini terjadi bencana alam seperti longsor, banjir dan air bah yang menimbulkan kerugian harta benda terhadap masyarakat sekitarnya.( jon/Ay)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center