#
Headlines News :
Home » » Pagi Tadi Gunung Berapi Keluarkan Asap Abu Vulkanik

Pagi Tadi Gunung Berapi Keluarkan Asap Abu Vulkanik

Written By JONATA RAMADAN on Tuesday, September 20, 2011 | 9/20/2011 01:50:00 PM


AMC / Selasa 20 September 2011 - Gunung Berapi yang terletak diwilayah kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam, Selasa Pagi (20/9) kembali mengeluarkan Asap dan debu Vulkanik. masyarakat tetap tingkatkan kewaspadaan .

Keluarnya debu vulkanik gunung Marapi beberapa hari yang lalu, membuat masyarakat tetap terus waspada. Dan, kali ini kewaspadaan masyarakat kembali diuji dengan keluarnya asap dan debu Vulkanik pagi ini sekitar pukul 06.45 Wib

Demikian diungkapkan, Kabag Humas Monisfar pada Reporter Agam Media Center (AMC).saat berada di ruangan AMC Selasa pagi (20/09)

" Saat ini masyarakat yang berdomisili di pinggang Gunung merapi sebanyak 2000 Kk, pada umumnya mereka mencari penghidupan dari hasil pertanian dan berladang,  jika terjadi suatu perubahan dan situasi gunung berapi yang membahayakan kelangsungan hidup mereka.  hal tersebut harus di tindak lanjuti segera sesuai program Tetap (Protap) penanggulangan bencana".katanya.

 Dia menjelaskan, Gumpalan  asap dan debu Vulkanik yang keluar dari kepundan Gunung Berapi tersebut terlihat jelas dari wilayah Kecamatan Canduang kabupaten Agam dan daerah sekitarnya. debu dan asap yang berwarna hitam itu menutupi puncak Gunung beberapa menit, kemudian kembali menghilang dari pandangan

Situasi  tersebut tidak menimbulkan kepanikan bagi masyarakat , mereka tetap tenang dan melakukan aktifitas seperti biasanya, karena hal itu sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi masyarakat sekitar Kecamatan Canduang dan wilayah lainya. namun kewaspadaan menjadi yang utama bagi masyarakat tersebut.jelasnya

 Ditambahkan Monisfar, Debu  vulkanik bercampur belerang yang dikeluarkan pagi tadi tidak membahayakan bagi  kesehatan masyarakat setempat. namun  bagi petani sekitar kaki gunung Marapi, debu vulkanik bercampur belerang itu sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah baik untuk pertanian maupun ladang mereka.

Untuk menghindari situasi yang tidak diingini  pihak kecamatan terus melakukan pemantauan yang intensif dan berkoordinasi dengan Instansi terkait baik BMKG maupun Pemerintah Kabupaten Agam.(jon/ay./Tim AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center