#
Headlines News :
Home » » Kabupaten Agam Masih Kekurangan Tenaga Guru SD

Kabupaten Agam Masih Kekurangan Tenaga Guru SD

Written By JONATA RAMADAN on Friday, September 16, 2011 | 9/16/2011 09:12:00 AM

AMC / Jumat 16 September 2011 -Kabupaten Agam, Sumatera Barat masih membutuhkan sekitar 1.000 guru kelas untuk 450 Sekolah Dasar (SD) tersebar di 16 kecamatan yang ada.

Ediosman Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam mengungkapkan, bahwa untuk saat sekarang 450 SD di Kabupaten Agam, masih kekurangan tenaga pengajar untuk guru kelas.Kamis(15/9).

Tambah dia, Untuk setiap SD yang terdapat di Kabupaten Agam, masih kekurangan guru kelas sekitar tiga sampai lima orang,Sedangkan guru SMP, SMA dan SMK kekurangan tidak begitu banyak. Jumlah SMP 56 unit, SMA 28 unit dan SMK 11 unit.

Untuk saat sekarang, jumlah guru di Kabupaten Agam sebanyak 6.216 orang dari 8.967 orang total Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sedangkan total pegawai honor yang ada sekarang sekitar 500 orang.

Sehingga untuk mengatasi kekurangan guru ini, kata dia, pihaknya memanfaatkan guru honor dengan gaji setiap bulannya hanya Rp250.0000 per orang yang berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).Setiap guru honor mempunyai beban kerja 28 jam setiap minggunya, Katanya.

Dengan kekurangan guru ini, mengakibatkan tidak sukses program pendidikan bermutu dan pendidikan tidak sesuai standar menimal yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, pihaknya berharap ada penambahan guru untuk mengatasi kekurangan sekitar 1.000 orang dan kekurangan ini akan bertambah, karena setiap tahunnya guru ini pensiun di wilayah Agam sebanyak 50 orang.

Tempat terpisah, Syafirman, SH. Pelaksana Tugas Bupati Agam menambahkan, pihaknya akan mengupayakan penerimaan PNS pada tahun 2011 ini dan pihaknya akan pioritaskan untuk tenaga guru. Kita berharap ini akan dipenuhi oleh Mentri Aparatur Negara Republik Indonesia.(jon/Tim AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center