#
Headlines News :
Home » » Guru Sekolah Dasar Dilatih Penelitian Tindak Kelas

Guru Sekolah Dasar Dilatih Penelitian Tindak Kelas

Written By irwandi chaniago on Thursday, September 29, 2011 | 9/29/2011 05:26:00 PM

Guru sedang mengajar
AMC / Jum'at 30 September 2011-Guna meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru dalam proses belajar mengajar. Sebanyak 150 orang guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Ampek Nagari dilatih Penelitian Tindak Kelas (PTK).



"Pelatihan PTK ini perdana dilaksanakan di Kabupaten Agam , dengan tujuan  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SD" Kata Ediosman Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Agam diruangan kerjanya.Kamis (30/9).

Dia menambahkan, kualitas peningkatan yang diajarkan dalam PTK tersebut yakni, tentang cara mengajar dengan menggunakan  program Pembelajaran Aktif , Inovatif, Kreatif, dan  Efektif, serta  Menyenangkan (PAIKEM). sehingga guru mampu menciptakan situasi proaktif dengan para anak didiknya

Selain itu , PTK juga merupakan penerapan aksi atau tindakan terkendali yang dilakukan dalam bentuk siklus untuk mengatasi secara langsung masalah-masalah nyata dan spesifik yang muncul dalam pembelajaran di dalam kelas.

Dan pelaksanaanya dilakukan dalam bentuk kepedulian guru mengatasi permasalahan yang timbul dalam proses mengajar dan belajar didalam lokal. Untuk mengatasi masalah yang timbul, akan dilakukan pengkajian secara ateori dan identifikasi.

Dalam menerapkan PTK tersebut ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh  para guru diantaranya adalah,  sosialisasi, seleksi proposal,  dan penelitian, setelah melalui tahapan tersebut  selanjutnya dilakukan seminar yang  ditulis dalam bentuk makalah sebagai bahan acuan bagi guru dalam proses belajar dan mengajar. Disamping itu, makalah tersebut juga merupakan salah satu bahan kelengkapan kenaikan pangkat bagi guru yang bersangkutan.


PTK yang dilaksanakan dinas pendidikan agam  tersebut sangat diminati para guru. hal ini terbukti dengan kehadiran para guru melebihi yang diperkirakan. " kedepanyan dengan pelatihan ini kita berharap  mampu meningkatkan  kualitas para tenaga pendidikan di Kabupaten Agam." tambah Ediosman (Ahmad/wan)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center