#
Headlines News :
Home » » Antisipasi Rabies Pemkab Agam Berikan Vaksinasi

Antisipasi Rabies Pemkab Agam Berikan Vaksinasi

Written By JONATA RAMADAN on Monday, September 26, 2011 | 9/26/2011 04:56:00 PM

PERLU KESADARAN MASYARAKAT AKAN BAHAYA RABIES



AMC / Senin 26 September 2011 Kantor Wali Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, kumpulkan puluhan anjing warga untuk mendapatkan vaksinasi rabbies yang dilaksanakan lansung oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kab Agam. Hal ini sejalan dengan Program Pemerintah Sumatera Barat Bebas Rabbies 2015.

Mengingat akan bahaya dan keganasannya terhadap kesehatan dan ketentraman hidup masyarakat, maka usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit ini perlu dilaksanakan secara intensif. Untuk itu pemerintah Daerah Kabupaten agam menetapkan agar di wilayah Nagari dan Jorong bebas Rabies. Hal ini diungkapkan Wali Nagari Tanjung Sani.senin(26/09)

"Dari puluhan anjing yang diberi vaksin rabbies ini, umumnya adalah anjing yang sudah secara rutin di vaksin oleh pemilik, dari data dilapangan anjing-anjing ini umumnya telah di vaksin diatas 1 kali".ujarnya

Yefri Wali Nagari Tanjung Sani mengungkapkan, di Nagari Tanjung Sani sendiri terdapat hampir 300 ekor anjing peliharaan yang secara rutin divaksin rabies oleh pemilik nya. Beliau juga mengutarakan kondisi populasi anjing liar yang ada yang perlu diadakan eliminasi sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Agam akan bahaya rabies hal tersebut perlu di antisipasi sejak dini sebelum adanya korban rabies.katanya.

Dijelaskannya, Penyakit rabies ini amat menakutkan hampir semua pasien yang terjangkit rabies meninggal dunia, didahului oleh gejala penyakit yang amat menyakitkan. Meski rabies merupakan penyakit yang mematikan, penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan mencegah gigitan anjing dan binatang pembawa virus rabies. Di samping itu, vaksin rabies ternyata juga berperan penting mencegah rabies.

Kesempatan lain, Pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kab Agam cukup puas dengan pelaksanaan vaksinasi rabbies ini. Apalagi melihat antusias dan kesadaran masyarakat mendukung program ini dalam memberikan vaksin rabbies ini dan terlaksana dengan baik. Hal ini secara tidak langsung tentu membantu dan sejalan dalam mensukseskan Program Pemerintah Kabupaten Agam dan Pemerintah Propinsi Sumbar.(jon/AY)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center