#
Headlines News :
Home » » Antisipasi Rabies Dinas Peternakan Agam Eliminasi Anjing Liar

Antisipasi Rabies Dinas Peternakan Agam Eliminasi Anjing Liar

Written By JONATA RAMADAN on Tuesday, September 20, 2011 | 9/20/2011 04:05:00 PM

AMC / Selasa 20 September 2011 -


Anjing Liar penyebar Virus Rabies

Untuk mengatasi berjangkitnya Penyakit Rabies Dinas Peternakan Agam lakukan Pemusnahan Ajing Liar.

Banyaknya berkeliaran anjing liar di Kecamatan Lubuk basung akhir-akhir ini membuat masyarakat khawatir, berjangkitnya penyakit Rabies untuk mengantisipasi hal tersebut Dinas Perternakan Kabupaten Agam Segera  melakukan pemusnahan ajing liar yang tidak bertuan dan berkeliaran di sembarang tempat. Demikian dikatakan Kepala Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan Kabupaten Agam, Farid Muslim ketika ditemui Reporter Agam Media Center (AMC) di ruang kerjanya,Senin  kemaren(19/9).

 Menurutnya, agar antisipasi  penyebaran penyakit Rabies dapat diatasi dengan cepat  perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak  baik dari Pemerintahan, Wali nagari, Jorong dan Masyarakat. karena tanpa kerja sama akan sulit untuk melakukan antisipasi tersebut uangkapnya.


Dijelaskan Farid, khusus untuk Jorong Siguhung, pihaknya  merasa kewalahan, melakukan pembasmian ajing-anjiang liar yang berkeliaran, karena tidak adanya dukungan dari masyarakat. "setiap kami akan melakukan kegiatan Eliminasi dilapangan kami perlu mendapat dukungan dari kepala Jorong, pemuda dan masyarakat setempat kalau tidak sulit bagi kami untuk melakukan pembasmian penyebaran rabies ini". jelasnya.


Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Keswan Kesmavet Drh. Welia Roza menjelaskan,  kasus gigitan anjing liar terdapat di beberapa di Kecamatan di Kabupaten Agam, diantaranya, Kecamatan Baso 3 kasus, Tilatang Kamang 2 kasus, , Canduang, Sungai Pua, Matur,    Tanjung Raya, Lubukbasung , Ampek Nagari, dan Kecamatan Tanjung Mutiara, masing-masing terdapat satu kasus gigitan ajing terjangkit Rabies. semua kasus gigitan ajing tersebut sejak awal tahun 2011 telah kita tangani sesuai prosedur yang ada, namun tidak semua yang kena gigitan itu terjangkit oleh Rabies, jelas welia Roza.(Ay/Tim AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center