#
Headlines News :
Home » » Dunia Pertanian Merasa Sedikit Lega

Dunia Pertanian Merasa Sedikit Lega

Written By irwandi chaniago on Thursday, September 22, 2011 | 9/22/2011 03:56:00 PM

24 IRIGASI DIPERBAIKI TAHUN 2011

AMC/Kamis 22 September 2011


Untuk meningkatkan penghasilan para petani dan mempermudah akses Pertanian Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan dan Hulkutura melakukan perbaikan terhadap irigasi dan jalan usaha tani di Kabupaten Agam sebanyak 24 irigasi tersebar di 14 Kecamatan .

"Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dilakukan pembangunan dan perbaikan terhadap beberapa irigasi yang ada di Kabupaten Agam, supaya bisa mengairi lahan persawahan milik masyarakat". Kata Ir. Armansyah Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hulkutura Kabupaten Agam. Kamis (22/9)

Dia menambahkan, sebanyak 24 irigasi tersebut dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2011, sedangkan untuk pembangunan irigasi dari dana APBD pada tahun sekarang tidak ada, karena keterbatasan dana.

Bantuan dana pusat tersebut tidak melalui Dinas pertanian akan tetapi hanya rekomendasi pertanian supaya irigasi bisa dikerjakan secara berkelompok oleh kelompok tani.

Dikatakan lagi, pembuatan irigasi tersebut berasal dari dana Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian yang diberikan melalui kelompok dan dikerjakan oleh kelompok tani secara bersama kelompok tani dengan cara sistim upah.

Lebih rinci dikatakan, sebanyak 14 Kecamatan yang mendapat pembuatan irigasi tersebut yaitunya Kecamatan Tanjung Raya, Matur, Tanjung Mutiara, IV Angkek, Palembayan, Palupuh, IV Nagari, Lubuk Basung, Kamang Magek, Canduang, Banuhampu, IV Koto, Baso dan Kecamatan Sungai Puar.

Selain bantuan irigasi juga ada pembuatan jalan usaha tani sepanjang 6000 meter yang tersebar di tiga Daerah Balai Gurah IV Angkek sepanjang 400 M, Panta Pauah Kecamatan Matur sepanjang 600 M dan Kecamatan Canduang serta bantuan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO).

Dia berharap, dengan adanya pengembangan pertanian dengan menggunakan dana pusat dari Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, bisa meningkatkan pendapatan pertanian dan menambah kesejahteraan. (wan)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center