#
Headlines News :
Home » » Besok, BPBD Agam Gelar Simulasi Bencana

Besok, BPBD Agam Gelar Simulasi Bencana

Written By irwandi chaniago on Wednesday, September 28, 2011 | 9/28/2011 05:03:00 PM

MENGHADAPI BENCANA SIMULASI BENCANA DILAKSANAKAN


AMC / Rabu 28 September 2011
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam bekerja sama dengan Mercy Corps lakukan simulasi bencana, Kamis (29/9/2011) diahalaman Kantor Bupati Agam.



Simulasi tersebut  melibatkan Masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dilingkungan kantor bupati agam, dan delapan sekolah siaga. Kegiatan tersebut  bertujuan untuk memberikan bekal dan  kesiapan masyarakat saat menghadapi bencana. 
 
 " Simulasi yang kita lakukan ini sesuai draf Program Tetap (Protap) penanggulangan bencana yang telah disusun  kelompok kerja bencana yang  dibentuk beberapa waktu lalu "kata Uslaini Trainer Mercy Corps pada Reporter Agam Media Center (AMC). Rabu (29/9).

Dia menambahkan, pada acara simulasi nanti akan dilakukan praktek bagaimana cara menghadapi saat terjadi bencana, dan  apa saja yang harus dilakukan para pelaku yang terlibat dalam situasi tersebut, sehingga tidak mengakibatkan kepanikan ditengah masyarakat.

Selain itu, bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  simulasi ini untuk membekali personil tentang bagaimana cara mengkomunikasikan dengan unsur terkait. Dalam memberikan  peringatan dini, sebelumn terjadi bencana, serata bagaimana cara melakukan evakuasi  korban bencana dan apa saja tindakan yang akan dilakukan.

"Praktek yang kita lakukan tersebut semuanya berhubungan dengan bagaimana cara menghadapi bencana dan berkomunikasi dengan cepat sehingga tidak terjadi kepanikan ditengah masyarakat dan juga pelaku penanggulangan bencana" tambahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Martias Wanto, saat dikomfirmasi menyampaikan acara simulasi yang akan dilakukan tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko saat terjadi bencana.

"Kita berharap setelah simulasi ini setiap peserta mampu berkomunikasi secara profesinal dan terarah, disaat terjadi bencana. Sehingga kepanikan di tengah masyarakat dapat dihindari" ujarnya. (wan/AY)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center