#
Headlines News :
Home » » Sekolah Agam Terima Dana Hibah

Sekolah Agam Terima Dana Hibah

Written By JONATA RAMADAN on Tuesday, September 27, 2011 | 9/27/2011 01:35:00 PM

MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN WARGA SEKOLAH TERHADAP RESIKO BENCANA

AMC / Selasa 27 September 2011

Murid Sekolah Dasar latihan evakuasi Bencana
Dalam mengurangi resiko bencana Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Sumatera Barat, menyerahkan dana hibah  siaga bencana sekolah sebesar Rp.10 juta rupiah  untuk tiga sekolah di Kabupaten Agam.
 Tiga sekolah yang menerima dana hibah tersebut adalah, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Padang Tongga, SDN 28 Parit Panjang, Kecamatan Lubuk Basung, dan sekolah menengah pertama Ampek Nagari  Kecamatan Ampek Nagari, demikian dikatakan Kepala BPBD Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt. Maruhun pada Reporter Agam Media Center(AMC). selasa (27/09) di Lubuk Basung."Masing-masing sekolah mendapatkan dana sebesar sepulu juta rupiah" katanya

Dana hibah tersebut merupakan proyek kerjasama antar pemerintah Propinsi Sumatera  Barat dengan SCDRR, dan di dukung  Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional No.70a/MPNB/SE/2010 tentang pengarusutama Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah.

Kegiatan Siap Siaga Bencana (SSB) dilaksanakan di Agam  sejak tahun 2010 lalu,  berupa pelatihan TOT untuk guru SD, SMP dan SMA sederajat, dilanjutkan dengan sosialisasi penyusunan Rencana Aksi untuk mengurangi resiko bencana (RAS-PR). 

SSB tersebut bertujuan untuk, meningkatkan kesiapsiagaan warga dan sekolah dalam mengurangi resiko bencana yang datang. Seperti, tingkat kerawanan serta kerentanan lokasi. dipilihnya sekolah sebagai tempat kegiatan ssb, karena sekolah cukup tinggi resiko terkena bencana dibanding yang lainya.  
  " Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat" ujar Martias wanto.

Selain itu, Martias juga mengharapkan, dalam kegiatan tersebut juga perlu melibatkan orang tua murid, tokoh masyarakat, serta seluruh instansi yang ada di Kabupaten Agam. dengan tujuan ketika terjadi bencana dapat meredam kepanikan.(jon/AY)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center